Tidak Suka Dengan Seseorang ? Kritiklah, Jangan Fitnah!

Artikel kali ini berjudul Tidak Suka Dengan Seseorang ? Kritiklah, Jangan Fitnah!. Setiap dari kita pasti pernah merasakan suka pada seseorang. suka di definisikan sebagai suatu kondisi yang menimbulkan unsur kesenangan. Sementara tidak suka adalah kondisi sebaliknya. Kondisi ketiadaan atas kesenangan. Tidak senang pada seseorang itu di dasarkan atas begitu banyak hal, mungkin ada segudang alasan kenapa seseorang tidak senang dengan orang lain.

fitnah kritik

definisi fitnah menurut saya adalah ketika kita membenarkan sebuah kebohongan untuk kita gunakan sebagai media menjatuhkan derajat dan martabat seseorang yang tidak kita senangi. Sementara definisi kritik menurut saya adalah sebuah tanggapan atau bahkan kecaman terhadap seseorang atas tindakan dan atau pola berfikir orang tersebut yang menurut kita tidak sesuai dengan apa yang seharusnya.

Lalu, kenapa ketika kita tidak suka dengan seseorang, lebih baik kita menyampaikan kritik secara langsung daripada fitnah ? Karena seperti apa yang sudah saya utarakan di awal, bahwa fitnah itu adalah proses pembenaran atas kebohongan. Ini berarti suatu berita / hal tentang seseorang itu adalah suatu kebohongan yang kita buat dan ciptakan dengan tujuan untuk menghancurkan orang tersebut. Namun, ketika kita melayangkan kritik sebuah kritik. Ini berarti kita melibatkan suatu kerangka berfikir, kita menggunakan sebuah argumen logis untuk mempertimbangkan baik-buruknya sesuatu. Ini berarti sesuatu yang kita kritisi itu adalah sesuatu yang nyata adanya, dan itu adalah sesuatu yang buruk. Dan, kita dengan baik tersirat maupun tersurat, memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Berbeda dengan fitnah yang sebatas argumen tanpa dasar. Namun dengan satu tujuan yang pasti, menjatuhkan sesorang yang tidak kita sukai. Meskipun terkadang kritik itu menjadi sebuah upaya menonjolkan diri sendiri di mata orang lain. Namun, ketidaksukaan yang di utarakan melalui kritik akan lebih fair karena melalui suatu proses pertimbangan baik dan buruk, berbeda dengan fitnah yang sekedar membenarkan sebuah kebohongan untuk menjatuhkan.

Jadi, kini semua terserah pada anda. Masih mau menyebarkan fitnah tentang seseorang yang anda benci, ataukah mengkritiknya secara terang-terangan agar dia sadar dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik 🙂

Advertisements

About robofics

Adalah seorang yang masih terus berupaya mencari makna dari kehidupan. Penikmat sastra, seorang plegmatis. Seorang pembelajar dari universitas kehidupan.
This entry was posted in catatan lepas, renungan. Bookmark the permalink.

Balas komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s