Impian hanyalah target, selebihnya usaha dan doa

“Impian hanyalah target, selebihnya usaha dan doa”, judul artikel ini sebenarnya saya ambil dari sebuah blog dengan alamat http://wallpapermotivasi.blogspot.com/2012/08/impian-hanyalah-targetselebihnya-usaha.html. Ya, karena memang menurut saya judulnya simple, tapi sesuatu yang terkesan “impactable”. Beberapa buku yang pernah saya baca terkadang begitu menganak emaskan sebuah mimpi. Selama anda mampu mengimajinasikan secara nyata setiap detail mimpi-mimpi anda, maka suatu saat nanti mimpi itu akan menghampiri anda dalam wujud nyatanya. Kira-kira itulah makna eksplisit dari beberapa buku yang saya baca. Bahkan ada beberapa buku yang terkesan mengkultuskan mimpi. Sehingga, pada beberapa kasus, seolah aksi itu tidaklah diperlukan selama daya imajinasi mimpi kita masih menggebu dan gamblang.

Pada awalnya, saya mempercayai bahwa pengultusan mimpi seperti yang dijabarkan dalam beberapa buku itu adalah sebuah hal yang nyata. Tapi semakin kesini semakin saya meragukan keabsahan teori mimpi itu. Benar bahwa manusia di anugerahkan akal dan fikiran. Setiap manusia bisa berimajinasi sesuka mereka. Bahkan untuk beberapa imajinasi yang telah mencapai tahap liarnya, pengabaian atas koridor-koridor akan sesuatu yang logis pun bukan lagi sesuatu yang tabu, bahkan sudah dianggap sejajar dengan ranah kewajaran. “Berani bermimpi, berarti berani untuk sukses” telah dijadikan slogan hidup otoriter, yang sayangnya, ketika terdapat penentangan atasnya,  maka mimpi itu hanya akan selalu menjadi hal-hal imajiner tanpa ada perubahan menuju kenyataan.

mimpi

Namun dalam hemat saya, mimpi, kehebatan dalam imaji, dan rasa percaya tentang kepastiaan mimpi-mimpi itu menjadi nyata saja tidaklah cukup. Apa gunanya anda hebat dalam ber imaji namun tidak ada upaya untuk menjadikannya nyata ?.  Bak gayung bersambut, Agnes monica, penyanyi asal Indonesia ini pernah menyatakan sebuah jargon “Dream, Believe, and Make it happen”. Bermimpilah, yakini dan percaya bahwa apa yang kamu impikan itu akan menjadi nyata, dan jadikan ia nyata dengan usaha.

Sahabat, sejatinya mimpi hanyalah target, memiliki target hidup menjadikan seseorang berkonsentrasi pada cara mendapatkannya, sehingga otaknya senantiasa dipenuhi ide-ide tentang bagaimana mimpi itu bisa menjadi nyata. Ya, selebihnya adalah usaha dan doa. Tanpa usaha untuk mewujudkannya, mimpi tetaplah mimpi, ia hanya akan menjadi hal-hal imajiner dalam pikiran kita. Dengan usaha, apa yang kita impikan akan menjadi kenyataan, dan dengan doa, ketika mimpi kita menjadi nyata nantinya, maka yang kita dapatkan adalah kebahagiaan yang sempurna Smile

Jadi bermimpilah sehebat yang anda mampu,  buat mimpi-mimpi itu menjadi nyata dengan usaha, dan berdoalah, pasrahkan semua proses akhirnya hanya kepada Sang Pencipta Jagad Raya.

Pun, jika anda gagal meraih mimpi anda, setidaknya anda tahu dan mengerti. Anda belajar tentang apa saja yang akan menjadikan usaha pencapaian mimpi anda menjadi luar biasa, dan hal-hal apa saja yang akan mengkerdilkan kualitasnya. Tugas kita hanyalah mencoba dan mencoba, tak mengapa kita mengalami kegagalan, karena dalam kegagalan itu kita belajar membangun hal-hal yang menghebatkan kesuksesan kita di masa depan. Jangan pernah berhenti mencoba ketika kita sekali atau dua kali mengalami kegagalan. . Thomas Alfa Edison harus mengalami ribuan kali kegagalan baru ia bisa menemukan bohlam lampu.  Seandainya Thomas Alfa Edison menyerah pasrah setelah mengalami kegagalan, tidaklah mungkin kita sekarang merasakan indahnya pemandangan di malam hari.

Pemimpi selamanya hanya akan menjadi pemimpi tanpa upaya mewujudkan mimpinya. Bermimpilah, dan wujudkan mimpi itu. Maka sejatinya kamu sedang membangun kualitas dirimu menjadi seorang PEMIMPIN

pemimpin

Advertisements

About robofics

Adalah seorang yang masih terus berupaya mencari makna dari kehidupan. Penikmat sastra, seorang plegmatis. Seorang pembelajar dari universitas kehidupan.
This entry was posted in kehidupan, renungan and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Balas komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s