Dimana bumi di pijak disitu mau ngapain ??

Pernah menonton acara ILK (Indonesia Lawak Club) yang di siarkan oleh salah satu stasiun TV swasta di Indonesia ? Jika iya, pasti anda kenal dengan Lies Hartono, pria asal Magetan yang lebih dikenal sebagai cak lontong [Wikipedia].
ILK adalah sebuah acara yang di siarkan oleh salah satu stasiun TV swasta yang mempertemukan pelawak-pelawak ke dalam sebuah diskusi yang membahas isu-isu terkini. ILK ini merupakan parodi dari acara Indonesia Lawyer Club yang di siarkan di stasiun televisi lainnya.


Ya, dalam acara ini cak lontong sering sekali mengeluarkan lawakan yang berupa plesetan dari paribahasa. Salah satu contohnya adalah “Dimana bumi dipijak, disitu mau ngapain” yang kemudian ia bubuhkan jargon andalannya “Mikir”. Meskipun kata-kata itu di ucapkan dalam konteks untuk membuat orang lain tertawa, tapi sebenarnya ada arti yang mendalam dari kata-kata tersebut.

Dimana Bumi Dipijak, disitu mau ngapain ?? #mikiir Kata kata ini seakan menjadi cambuk bagi kita, bahwa dimanapun kita berada, sudah seharusnya kita tahu dan paham tentang apa yang harus kita lakukan. Apakah kita akan melakukan hal yang sia-sia semata, atau kah kita melakukan hal yang menjadi nilai kebermanfaatan bagi sebanyak mungkin orang lain.

Dimana Bumi Dipijak, disitu mau ngapain ?? #mikiir  Banyak dari kita yang bertindak tanpa sebelumnya memikirkan dampak positif dan negatifnya dari apa yang kita lakukan itu.  Maka sebagai seorang insan yang beradab beragama, sudah sepantasnyalah kita menggunakan logika berfikir positif kita sebelum bertindak. Entah ini disengaja atau tidak, tapi sebenarnya ini adalah suatu bentuk lawakan yang cerdas menurut saya. Kenapa ??  Ya, karena jarang orang bisa memikirkan hal secerdas itu.  Memaksa seseorang untuk menjadi pribadi yang bermanfaat, tanpa harus dengan intonasi tinggi yang terkesan memaksa dan menggurui, cak lontong meminta kita untuk menjadi pribadi yang bermanfaat, berfikir sebelum bertindak. Namun cara penyampaian dari keinginannya itu melalui jalan yang berbeda. Melalui lawakan, yang tidak akan membuat orang merasa di gurui.  Entah butuh waktu berapa lama bagi saya, apabila otak saya dipaksa untuk menemukan hal seperti itu. Namun cak lontong ?? saya rasa dia telah melakukannya dengan cara yang luarbiasa 🙂

Sangat sulit menurut saya, untuk menemukan kosakata seperti itu, hanya seorang pelawak yang cerdas sajalah yang mampu menemukan hal seperti itu, memparodikan peribahasa menjadi sesuatu yang lucu namun memiliki makna yang apa bila kita telisik lebih dalam, ada arti luar biasa yang sejatinya ingin ia sampaikan.

Terlepas dari sengaja atau tidaknya hal ini dilakukan, saya bukanlah seorang pakar komunikasi. Jadi apa yang saya katakan ini hanyalah sebatas dari apa yang mampu saya persepsikan.

Teruslah berkarya cak, semoga sukses dalam segala hal yang ingin anda capai. Majulah dunia lawak Indonesia 🙂

jadi Dimana bumi dipijak, Disitu mau ngapain ?? #Mikiir silakan anda temukan nilai kebermanfaatan anda sendiri bagi orang lain. Sudah selayaknya insan muda Indonesia itu memberikan andil perubahan bagi kebaikan Indonesia itu sendiri. Salam lemper 🙂

Advertisements

About robofics

Adalah seorang yang masih terus berupaya mencari makna dari kehidupan. Penikmat sastra, seorang plegmatis. Seorang pembelajar dari universitas kehidupan.
This entry was posted in catatan lepas, kreatif. Bookmark the permalink.

Balas komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s