solusi blackscreen setelah instalasi linux mint 13

Entah kenapa, beberapa hari yang lalu semacam ada hasrat luarbiasa yang seakan memaksa saya untuk beralih ke linux dan meninggalkan windows. Dan ya, pilihan saya akhirnya jatuh ke linux mint 13(maya). Setelah berhasil mendownload file iso linux mint 13 kemudian saya membuat live usb untuk instalasi linux mint. Singkat cerita, setelah berhasil melakukan instalasi linux mint melalui live usb saya dihadapkan dengan pilihan untuk tetap berada di environment pada live usb atau melakukan restart sistem, kemudian saya memilih untuk melakukan restart sistem.

Taraa, tampilan grub muncul dengan pilihan sistem operasi yang ada. Kemudian saya memilih masuk ke dalam linux mint dengan menekan tombol enter pada keyboard. Lucunya, mendadak tampilan layar saya berubah menjadi hitam (blackscreen). Ah, mungkin memang tampilannya seperti ini pikir saya waktu itu. Namun setelah menunggu kurang lebih 15 menit tetap saja layarnya hanya berwarna hitam. Aduh, jangan-jangan saya salah menginstall sistem operasi gaib disini, karena seluruh layarnya berwarna hitam 😀
Frustasi, saya tekan tombol power laptop saya untuk mematikan laptop secara paksa 😀
kemudian saya hidupkan kembali laptop saya. Setelah muncul grub dengan pilihan sistem operasi, saya coba menekan tombol e kemudian mencari baris perintah yang diawali dengan kata “linux” dan diakhiri dengan “quite splash”.
(maaf karena tidak bisa melakukan printscreen, jadi saya ambilkan dari forum linuxmint 😀
slmxiw

karena laptop saya berbasis intel, maka kemudian saya tambahkan baris

i915.modeset=0

setelah quite splash. Baris tersebut akan menonaktifkan KMS(Kernel Mode Setting)
kenapa i915 ?? ya, karena berbasis intel. Untuk brand vga lain (misal nvidia maka digunakan “nvidia.modeset=0”) untuk list lengkap brand silakan mengacu pada link berikut. Atau jika anda tidak mengetahui secara pasti, maka tambahkan baris

nomodeset

.
Setelah itu, silakan anda tekan ctrl+x untuk melakukan booting dengan opsi yang telah kita tentukan tadi. Dan taraa, anda berhasil booting ke mode grafis 🙂

Well, agar tidak ribet menonaktifkan KMS setiap kali booting, maka silakan buka terminal dan ketikkan

sudo kate /etc/rc.local

sebelum baris exit 0 silakan tambahkan baris perintah berikut ini

sudo setpci -s "00:02.0" F4.B=20

skrip diatas akan mengatur brightness dimana “20” adalah angka heksadesimal dari kecerahan brightness, anda dapat mengatur sesuka hati anda 🙂
setelah itu simpan file /etc/rc.local tersebut.

Sudah ?? yap, sampai disini prosesnya sudah selesai. Silakan anda restart komputer / laptop anda. Di awal, memang akan ada blackscreen, tapi hanya akan bertahan dalam hitungan detik setelah itu anda dapat melihat mode grafis dari linux mint 🙂

Terima kasih…

About robofics

Adalah seorang yang masih terus berupaya mencari makna dari kehidupan. Penikmat sastra, seorang plegmatis. Seorang pembelajar dari universitas kehidupan.
This entry was posted in linux and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Balas komentar

